Cara Perawatan Rambut Setelah Smoothing Agar Tetap Sehat

Advertisement

Cara Perawatan Rambut Setelah Smoothing Agar Tetap Sehat

Admin
Rabu, 06 Mei 2020


Kebanyak perempuan memang mendambakan rambut yang lurus dan berkilau. Namun tak semua perempuan lahir dengan rambut yang lurus. Untuk itu pada umumnya mereka melakukan berbagai cara untuk membuat rambutnya menjadi lurus salah satunya adalah dengan cara smoothing. Teknik smoothing merupakan teknik meluruskan rambut dengan menggunakan bahan kimia yang prosesnya bertujuan untuk menyejajarkakan kembali susunan rambut sehingga tampak lebih rapi, halus, dan mudah diatur dalam jangka waktu tertentu. Meskipun efektif untuk membuat rambut menjadi lurus, namun teknik tersebut juga dapat membuat rambut rentan rusak. Apalagi jika pemilik rambut yang di smoothing tidak melakukan perawatan dengan benar, yang terjadi adalah rambut kering dan rapuh. Nah bagi Anda yang sudah melakukan smoothing, berikut adalah beberapa tips perawatan rambut setelah smoothing agar tetap sehat dan tidak mudah rusak:

1. Jangan terlalu sering mencuci rambut
Mencuci rambut atau yang biasa disebut dengan istilah keramas memang dapat membuat rambut bersih dari berbagai kotoran. Namun terlalu sering keramas juga akan membuat bahan kimia yang ada dirambut Anda akan hilang. Nah ketika bahan kimia dari smoothing sudah hilang, maka rambut lurus pun tidak akan bertahan lama. Untuk itu Anda dapat mencuci rambut sejarang mungkin yakni antara 2 sampai 3 hari sekali. 

2. Menggunakan shampo khusus
Selain tidak boleh terlalu sering keramas, Anda juga direkomendasikan untuk menggunakan shampo khusus pada saat keramas. Hal ini untuk tetap menjaga kesehatan rambut Anda agar pengaruh dari smoothing juga dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Dalam hal ini Anda dapat menghindari shampo yang mengandung sulfat yang sangat keras untuk kulit kepala. Anda dapat menggunakan produk shampo yang bebas sulfat ntuk menghindari adanya pengikisan kulit kepala. 

3. Hindari penggunakan catok dan hair dryer
Menghindari penggunaan hair dryer dan catok juga menjadi salah satu hal yang harus Anda lakukan untuk menjaga rambut smoothing Anda tetap sehat. Pasalnya menggunakan catok dan hair dryer setelah smoothing dapat membuat rambut menjadi kering dan rapuh. Kedua alat tersebut bahkan dapat memperparah kondisi rambut dari suhu panas yang dihasilkannya. Jika Anda sudah terpaksa harus menggunakannya, pastikan Anda memilih mode dingin untuk mencegah rambut kering.

4. Hindari mengikat rambut
Mungkin sesekal Anda juga ingin tampil beda dengan cara mengikat rambut. Namun perlu diketahui bahwa hal tersebut dapat membuat rambut menjadi semakin rusak dan tidak lurus. Mengikat rambut dapat mengakibatkan rambut mudah patah dan bercabang. Selain itu bahan kimia yang digunakan pada saat smoothing juga dapat membuat rambut rontok dan penipisan rambut. Untuk itu sebaiknya Anda menghindari mengikat rambut apalagi dengan ikatan yang terlalu kencang. 

5. Gunakan vitamin rambut
Perlu diketahui bahwa rambut yang telah di smoothing biasanya akan lebih kering dan rapuh. Untuk itu Anda memerlukan penggunakan vitamin rambut agar kelembabannya tetap terjaga. Dalam hal ini Anda dapat menggunakan vitamin atau serum rambut secara rutin setelah keramas. Selain membuat rambut menjadi lebih lembab, penggunaan vitamin juga atau serum juga dapat membuat rambut menjadi lebih berkilau. 

Nah itu dia beberapa tips tentang perawatan rambut setelah smoothing. Iya untuk menjaga rambut Anda agar tetap sehat, tentu hal tersebut harus dilakukan. Mengingat smoothing juga dapat merusak rambut apabila tidak disertai dengan perawatan yang tepat.