Inilah 5 Alasan Kenapa Pengusaha Harus Paham Cara Membuat Laporan Keuangan -->

Advertisement

Inilah 5 Alasan Kenapa Pengusaha Harus Paham Cara Membuat Laporan Keuangan

Admin
Selasa, 18 Juli 2017

Laporan keuangan adalah salah satu hal yang vital dalam sebuah bisnis. Bagaimana tidak, dengan laporan keuangan, pihak internal dan terutama pihak eksternal bisa menilai bagaimana kinerja perusahaan Anda. Jika Anda adalah pengusaha, atau seseorang yang memiliki bisnis dan karyawan, maka inilah lima alasan kenapa Anda harus paham cara membuat laporan keuangan.
Inilah 5 Alasan Kenapa Pengusaha Harus Paham Cara Membuat Laporan Keuangan
Ilustrasi
1. Sebagai Pengetahuan
Meskipun Anda adalah pemilik usaha, bukan berarti Anda boleh untuk tidak tahu cara membuat laporan keuangan. Kenapa Anda harus tahu? Alasannya utamanya yaitu agar Anda tidak dibodohi oleh karyawan Anda yang paham cara membuat laporan keuangan. Bisa saja, kan? Itulah mengapa Anda harus paham cara membuatnya.

2. Sebagai Evaluasi
Ketika Anda paham cara membuat laporan keuangan, kemudian ditambah lagi dengan informasi keuangan yang diberikan oleh karyawan Anda, itu semua bisa menjadi bahan evaluasi bagi Anda. Apakah perusahaan mengalami kerugian atau keuntungan. Jika mengalami kerugian, apa sikap yang harus Anda ambil. Begitu pun juga ketika mengalami keuntungan.

3. Sebagai Terobosan
Jika Anda paham cara membuat laporan keuangan, apalagi mahir, maka Anda bisa membuat terobosan baru mengenai sistem keuangan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Sebagai pengusaha yang paham cara membuat laporan keuangan, itu adalah poin plus, karena jika Anda ingin menggaet investor baru, Anda bisa menentukan investor yang seperti apa yang dibutuhkan oleh perusahaan.

4. Sebagai Pengambilan Keputusan
Pemahaman akan cara membuat laporan keuangan juga akan membantu Anda dalam pengambilan keputusan, untuk menentukan masa depan perusahaan. Apakah ingin melakukan ekspansi, atau sebagainya. Inilah keuntungan jika Anda paham, bahkan memungkinkan Anda untuk mengambil keputusan yang brilian, sehingga akan berdampak pada kemajuan perusahaan.

5. Sebagai Pengawasan
Dengan memahami cara membuat laporan keuangan, Anda lebih leluasa dalam mengendalikan bisnis. Termasuk juga bisa mengendalikan karyawan divisi keuangan. Ini akan membuat mereka mau tidak mau harus meningkatkan kinerja, sebab Anda pasti lebih tahu apa yang mereka kerjakan. Mereka pun pasti akan berhati-hati ketika menyampaikan sesuatu pada Anda.

Inilah lima alasan mengapa Anda sebagai pengusaha harus paham cara membuat laporan keuangan. Pengusaha yang sukses adalah mereka yang paling handal mengatur keungan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Sekian terimaksih.