Ketahui Beberapa Langkah Melakukan Perencanaan Keuangan untuk Usaha

Advertisement

Ketahui Beberapa Langkah Melakukan Perencanaan Keuangan untuk Usaha

Admin
Rabu, 15 April 2020


Untuk mempermudah dalam menghitung kas usaha, Anda bisa menggunakan aplikasi keuangan gratis Merintis usaha atau bisnis dari bawah merupakan sebuah hal yang tidak mudah. Seperti yang diketahui sebuah usaha atau bisnis memiliki dua kemungkinan yaitu untung dan rugi. 

Sebenarnya hanya ada dua kemungkinan yang dihadapi oleh seseorang yang akan merintis atau memulai bisnis. Namun dua hal tersebut pastinya membutuhkan modal, namun modal yang dimaksud bukan hanya dana untuk memulai usaha. Melainkan mental kuat dan usaha yang gigih untuk merintis kembali bisnis tersebut.

Bahkan para pengusaha yang sudah sukses mengalami banyak kegagalan di awal berbisnis. Maka akan lebih baik jika Anda mengikuti beberapa langkah melakukan perencanaan keuangan untuk usaha pada paragraf selanjutnya. Selain itu Anda juga bisa menggunakan aplikasi keuangan gratis untuk mengatur keuangan atau modal usaha tersebut agar lebih mudah. Agar Anda tidak lebih penasaran lagi, yuk simak informasinya berikut ini.

Langkah Melakukan Perencanaan Keuangan untuk Usaha
Apabila Anda merupakan pemula dalam berbisnis sangat dianjurkan memiliki sebuah perencanaan bisnis di bidang keuangan. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya faktor kerugian dalam berbisnis yang pastinya tidak akan Anda inginkan. Maka dari itu simak beberapa langkah mudah dalam membuat laporan keuangan sederhana dan melakukan perencanaan keuangan untuk usaha, berikut ini.

1. Hitung Biaya Setup
Untuk langkah pertama dalam membuat perencanaan keuangan usaha adalah hitung biaya setup. Seperti yang diketahui jika setup cost merupakan biaya yang Anda persiapkan untuk membeli mesin baik yang digunakan untuk proses produksi. 

Bahkan berbagai biaya lain yang dibutuhkan untuk melakukan penyesuaian pada saat bahan atau barang diproses. Sehingga pembuatan rencana keuangan bisnis dimulai dengan membandingkan jumlah biaya setup dan modal investasi.

2. Membuat Data Laba Rugi Bisnis
Langkah kedua yang harus Anda lakukan dalam merencanakan keuangan untuk usaha adalah membuat data laba rugi bisnis. Jadi buatlah data untuk 12 bulan ke depan bisnis Anda sejak awal usaha dimulai atau beroperasi. Untuk cara membuat data ini Anda bisa membandingkan potensi pendapatan penjualan atau biasa disebut dengan omset. 

Sebaiknya Anda bandingkan dengan harga pokok penjualan beserta biaya tetap operasionalnya. Maka tetapkan harga penjualan terlebih dahulu agar Anda bisa menghitung potensi laba atau keuntungan yang akan di dapat. 

3. Perkirakan Arus Kas dan Neraca Saldo
Langkah ketiga dalam melakukan perencanaan keuangan adalah memperkirakan arus kas dan neraca saldo usaha Anda. Perlu Anda ketahui jika pendanaan dalam arus kas merupakan kegiatan untuk memperoleh kas dari investor atau kreditor untuk menjalankan kegiatan usaha. Dengan memperkirakan neraca saldo kurang lebih setelah 12 bulan beroperasi berdasarkan perkiraan penjualan dan biaya operasional.

4. Analisa Titik Impas
Langkah terakhir yaitu menganalisis titik impas dalam berbisnis. Dimana hal ini dapat Anda ketahui pada saat tingkat harga penjualan yang dilakukan, tidak rugi dan bisa bersaing tanpa melupakan laba.

Nah ulasan tersebut membahas mengenai langkah melakukan perencanaan keuangan untuk usaha. Dimana dipermudah dengan aplikasi keuangan gratis terbaik seperti BukuKas yang dapat Anda pilih untuk merencanakan keuangan usaha. Aplikasi ini bisa membantu Anda mengatur pemasukan dan pengeluaran perusahaan dengan baik. Yuk buruan download aplikasinya!!