3 Hal Penting Terkait Perban Luka Operasi -->

Advertisement

3 Hal Penting Terkait Perban Luka Operasi

Admin
Sabtu, 04 Januari 2020


Luka operasi memiliki kedalaman dan juga ukuran yang berbeda-beda bergantung dari tujuan perlakuan operasi. Meski begitu, umumnya luka akibat operasi ini memiliki ukuran yang cukup dalam dan juga besar. Oleh sebab itu, luka akibat sayatan operasi ini akan ditutup menggunakan perban setelah dijahit agar tidak terjadi infeksi. Selain itu, dokter juga akan memberikan obat luka operasi agar luka bekas operasi cepat kering.

Perlakuan Terhadap Perban Luka Operasi yang Harus Diperhatikan

Dalam merawat luka bekas operasi tentu tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar luka bekas operasi cepat sembuh dan juga cepat kering. Dokter selain memberikan obat luka juga akan menjahit serta memberikan perban pada bekas luka agar terhindar dari infeksi dan paparan udara sekitar. Berikut perlakuan terhadap perban luka yang harus diperhatikan:

1. Perhatikan Kebersihan Daerah Luka
Luka bekas operasi memiliki ukuran besar dan juga dalam. Karenanya luka ini sangat riskan terkena infeksi baik oleh jamur, bakteri dan virus. Oleh sebab itu, perhatikan dengan seksama kebersihan dari area luka. Jangan biarkan area luka terkena kotoran baik itu dari bekas perban, kotoran nanah ataupun kotoran dari luar. Apabila luka menimbulkan bau tak sedap dan juga nanah, maka sebaiknya segera hubungi dokter karena dikhawatirkan terjadi infeksi.

2. Hindari Area Luka dari Air
Pasca operasi selama beberapa hari pastikan bahwa area sekitar luka tidak bersentuhan dengan air. Pasalnya hal ini akan sangat berbahaya terhadap bekas sayatan luka maupun organ di bawahnya yang belum tertutup sempurna.

3. Segera Ganti Perban Basah
Jangan biarkan perban basah baik karena air bersih maupun keringat. Pasalnya, perban yang basah akan sangat riskan menjadi tempat tumbuh kembangnya kuman penyakit.

Untuk mendapatkan obat bagi luka operasi Anda, kini Anda bisa mencarinya lewat website www.goapotik.com. Website ini menghubungkan Anda dengan berbagai apotik terpercaya dengan berbagai obat-obatan tersedia. Untuk mendapatkan informasi terkait kesehatan yang lengkap dan akurat dapat diakses lewat www.guesehat.com. Berbagai artikel kesehatan tersedia misalnya artikel penyembuhan luka diabetes yang dibutuhkan untuk Anda dan keluarga