Kandungan Nutrisi yang dibutuhkan Ibu Hamil -->

Advertisement

Kandungan Nutrisi yang dibutuhkan Ibu Hamil

Admin
Minggu, 28 Juli 2019


Kesehatan ibu hamil tidak serta merta dicek dengan cara cek kandungan secara rutin, namun juga harus dipantau melalui asupan makanan yang sehat. Ibu juga turut harus mendukung janinnya dengan memenuhi nutrisi dan multivitamin. Berikut ini adalah daftar nutrisi dan multivitamin yang dibutuhkan ibu hamil yang sangat penting untuk kesehatan ibu dan janin.

- Protein
Zat protein menjadi salah satu zat yang penting bagi ibu hamil. Sebab, protein adalah nutrisi untuk memperbaiki jaringan, sel, dan otot yang mengalami kerusakan. Protein juga berfungsi meningkatkan suplai darah ke dalam tubuh ibu hamil. Asupan protein yang mencukupi turut mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan janin lebih optimal.

- Karbohidrat
Suplai energi ibu hamil bisa diperoleh lewat karbohidrat. Kecukupuan energi tubuh pada gilirannya dapat memperlancar kerja metabolisme, sekaligus mencegah ibu hamil cepat lelah atau lemas saat beraktivitas. Pilihlah jenis karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum dan kentang ketimbang nasi putih, mie dan roti putih.

- Lemak
Lemak juga merupakan bagian yang harus dicukupi kebutuhannya oleh ibu hamil. Lemak sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang janin pada trimester kehamilan. Jangan sampai berpikiran jika lemak buruk untuk tubuh, Kandungan lemak juga diperlukan tubuh untuk memelihara kondisi plasenta dan cairan ketuban selama 9 bulan.

- Serat
Kandungan nutrisi yang terakhir adalah serat. Makanan berserat diperlukan ibu hamil untuk menjaga pencernaan. Serat juga membantu tubuh mengendalikan kadar gula darah dan menghindari risiko diabetes gestasional. Konsumsi serat ibu hamil bisa diperoleh lewat makanan-makanan seperti sayuran berdaun hijau, bubur gandum (oatmeal) atau kacang-kacangan.

Ibu hamil bisa memenuhi pemenuhan nutrisi di atas dengan konsumsi makanan sehat. Anda juga bisa membeli produk suplemen dan multivitamin ibu hamil paling lengkap yang banyak dijual di pasaran.

Dalam memilih suplemen bagi ibu hamil, pastikan anda memilih suplemen dengan kanduungan terpenting yang diperlukan ibu hamil seperti yang disebutkan di atas. Nutrisi yang cukup dapat membuat janin tumbuh dan berkembang menjadi bayi yang sehat.