Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

3 Faktor Utama yang Membedakan Air Conditioner dan Kipas Angin AC


Udara ketika cuaca sedang kemarau terkadang terasa panas menyengat. Apalagi jika Anda tinggal di wilayah perkotaan yang tingkat polusi udaranya tinggi. Udara akan terasa sangat panas. Namun, dengan adanya perkembangan teknologi yang telah berkembang, kita dapat melawan hawa panas dengan mudah.

Adanya udara yang panas membuat banyak masyarakat menggunakan air conditioner untuk mendinginkan rumah mereka. Hal ini dikarenakan harga sebuah air conditioner saat ini relatif terjangkau. 

Air conditioner biasanya dipasang pada sebuah ruangan yang cukup besar. Namun, tidak jarang juga alat ini dipasang pada ruangan yang kecil. Bahkan, ada pula yang memasang tiap kamar satu air conditioner, meskipun kamar tersebut belum tentu selalu digunakan. Hal ini karena air conditioner tidak dapat dipindahkan dengan mudah. 

Namun, jika kita pikirkan dengan baik-baik, masih ada alternatif lain selain menggunakan Air conditioner. Kita bisa menggunakan alat pendingin yang bernama kipas angin AC. “Bukannya kipas angin AC itu air conditioner portabel?” Pasti ada saja yang beranggapan seperti itu, padahal kedua alat itu berbeda satu sama lain.

Kipas Angin AC
Nah, agar Anda tidak tertukar antara kipas angin AC dengan air conditioner dan supaya memperkuat keyakinan Anda dalam menentukan alat pendingin mana yang akan dibeli. Pada artikel kali ini kita akan membahas 3 faktor utama yang membedakan pendingin ruangan air conditioner dan kipas angin AC, yaitu sebagai berikut:

1. Faktor biaya dan Anggaran
Harga dan Anggaran biaya pengeluaran untuk air conditioner jauh lebih besar di banding kipas angin AC. Harga air conditioner kondisi baru berada di sekitar Rp 2,5 juta ke atas. Sedangkan, harga kipas angin AC dalam kondisi baru tidak lebih dari Rp 2 juta. Meskipun harga air conditioner sudah ada yang terjangkau, tapi kipas angin AC jauh lebih murah.

Sekarang kita tinjau dari segi pengeluaran penggunaan. Air conditioner menggunakan daya listrik yang besar, mulai dari 260 Watt sampai 1.000 Watt. Hal itu pasti akan membuat tagihan listrik Anda bengkak bukan?

Lain hal dengan kipas angin AC, alat ini hanya mengkonsumsi listrik sebesar 65 sampai 125 Watt. Pasti lebih hemat bukan ?

Sekarang kita tinjau dari segi biaya perawatan. Untuk melakukan perawatan pada air conditioner, kita harus memanggil teknisi khusus untuk membersihkan dan mengecek kondisinya. Hal itu tentu mengeluarkan biaya bukan? 

Lain hal dengan kipas angin AC, kita bisa melakukan perawatannya sendiri tanpa harus memanggil tenaga ahli. Kita cukup membersihkan setiap komponen yang ada pada kipas angin AC, seperti filter dan tangki air.

2. Faktor teknis
Ketika Anda membeli air conditioner, Anda tidak dapat memasang sendiri alat tersebut. Belum lagi harus menutup semua ventilasi yang ada. Di tambah membuat lubang di dinding untuk jalur pipa compresor ke luar. Perlu peralatan dan tenaga ahli untuk memasangnya dan setelah diterapkan, alat ini tidak dapat kita pindahkan dengan mudah.

Lain hal dengan kipas angin AC, alat ini mudah sekali untuk digunakan. Ketika Anda beli, tinggal isi tangki air, hubungkan kabel power dengan listrik, nyalakan dan kipas angin AC sudah bisa dipakai. Anda tidak perlu memanggil teknisi khusus seperti layaknya memasang air conditioner. 

3. Faktor Kinerja
Perbedaan air conditioner dan kipas angin AC dapat kita lihat dari faktor kinerjanya. Air conditioner memiliki kemampuan yang hebat dalam menata suhu ruangan. Ala ini mampu mendinginkan ruangan sesuai dengan suhu yang kita inginkan (pada umunya hingga 16 derajat celcius). Selain itu, alat ini dapat mempertahankan suhu yang kita inginkan secara konstan.

Berbeda dengan air conditioner, kipas angin AC hanya mampu menurunkan suhu sebesar 5 derajat celcius saja dari suhu yang ada. Selain itu, kemampuannya tidak bisa dipertahankan secara konstan. Apabila cuaca semakin panas, maka suhu ruangan akan turut naik.

Itulah 3 faktor utama yang membedakan pendingin ruangan air conditioner dan kipas angin AC yang perlu Anda ketahui. Semoga adanya penjelasan ini dapat membantu Anda menentukan alat pendingin ruangan mana yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

tp
Copyright © 2018 Sangdaya.com Design by