Penyakit Paling Mematikan Infeksi Saluran Pernapasan Bawah -->

Advertisement

Penyakit Paling Mematikan Infeksi Saluran Pernapasan Bawah

Admin
Kamis, 16 Maret 2017

Infeksi saluran pernapasan bawah (lower respiratory tract infections) meliputi trakea atau batang tenggorokan, bronkus, bronkiolus dan paru-paru. Infeksi ini berakibat pada penyakit seperti radang pada tabung bronkus atau bronkitis, influenza dan tuberkulosis. 

Kasusnya paling sering ditemui pada penderita dewasa maupun anak-anak adalah pilek. Menyebar melalui kontak langsung maupun tidak langsung. 

Infeksi saluran pernafasan disebabkan oleh virus, bakteri, atau organisme lainnya. Infeksi saluran pernapasan menyebar melalui udara atau sentuhan. Proses penularannya adalah ketika menghirup udara yang mengandung percikan air dari seorang penderita yang sedang bersin atau batuk.
foto: Cardoetz.com
Menularnya melalui hidung atau mata atau bahkan menyentuh permukaan suatu benda yang kemudian orang lain pun menyentuh benda tersebut. Virus yang menyebabkan infeksi ini adalah virus influenza A, human metapneumovirus, varicella-zoster virus dan respiratory syncytial virus. 

Selain virus, bakteri juga bisa menyebabkan infeksi saluran pernapasan bawah, diantaranya H. Influenza, streptococcus pneumonia, klebsiella pneumonia, berbagai bakteri anaerob dan jenis enterobacteria (E.Coli).