Taman Nasional Baluran di Banyuwangi Jawa Timur -->

Advertisement

Taman Nasional Baluran di Banyuwangi Jawa Timur

Admin
Sabtu, 13 Mei 2017

Taman Nasional Baluran merupakan salah satu Taman Nasional di Indonesia yang terletak dua daerah yakni di wilayah Banyuputih, Situbondo dan Wongsorejo, Banyuwangi (sebelah utara), Jawa Timur. Namanya diambil dari nama gunung yang berada di daerah ini, yaitu Gunung Baluran. 
Taman Nasional Baluran di Banyuwangi Jawa Timur
Taman Nasional Baluran di Banyuwangi Jawa Timur. (foto: yukpiknik.com)
Taman Nasional ini memiliki tipe vegetasi sabana, hutan mangrove, hutan pantai, hutan rawa, hutan musim, hutan pegunungan bawah, dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Tipe vegetasi sabana mendominasi kawasan Taman Nasional Baluran yakni sekitar 40% dari total luas lahan. 

Luasnya sendiri mencapai 25.000 hektare, dengan pembagian zonanya sebagai berikut: zona inti seluas 12.000 hektare, zona rimba seluas 5.537 hektare, zona pemanfaatan intensif seluas 800 hektare, zona pemanfaatan khusus seluas 5780 hektare dan zona rehabilitasi seluas 783 hektare.

Anda bisa menikmati sensasi seru menelusuri dan menjelajahi Hutan Baluran melalui Jalan Setapak. Wisatawan bisa menikmati berbagai flora dan fauna yang ada. Bahkan kurang lebih 180 jenis burung terdapat di Taman Nasional Baluran. Bahkan anda bisa mengamati burung-burung dari sebuah menara. Keunikan dari Taman Nasional Baluran adalah adanya Hutan Evergreen, hutan hijau sepanjang tahun. Artinya tidak pernah kering sepanjang tahun, warnanya tetap hijau, dihiasi oleh kupu-kupu indah dan ayam hutan. Semoga Bermanfaat.