Cara Bermain Permainan Bentengan -->

Advertisement

Cara Bermain Permainan Bentengan

Admin
Minggu, 26 Juni 2022


Anak dahulu memang memiliki banyak sekali jenis permainan, memang dari beberapa jenis permainan tidak diketahui oleh anak jaman sekarang. Kenapa demikian? Memang sudah beda generasi dan apa yang menjadi kesenangan anak dahulu dengan sekarang juga berbeda. Salah satu permainan yang jarang sekali diketahui oleh anak saat ini yaitu permainan bentengan, ini merupakan permainan favorit anak-anak terdahulu. 

Bentengan merupakan sebagai salah satu permainan tradisional anak Indonesia, permainan tersebut biasanya dilakukan di Sumatra, jawa dan Bali. Di Jawa Barat biasanya disebut sebagai Rerebonan, untuk di daerah lain biasanya dikenal dengan nama priprisan, omer dan jek-jekan. 

Memang tidak dipungkiri kalau permainan tersebut sudah ada semenjak dahulu, tepatnya pada saat Indonesia berhasil meloloskan diri dari penjajahan dan menyatakan kemerdekaannya, dan pada saat itu Indonesia semakin bangkit. Nah selain kitu juga ada cerita versi lain kalau permainan ini memberikan cerminan tentang perjuangan bangsa Indonesia pada saat melawan penjajah, karena permainan ini memakai strategi dan perjuangan.

Permainan tersebut akan dapat dimenangkan oleh suatu kelompok kalau berhasil merebut atau menyentuh benda yang dijadikan benteng dari kelompok yang lainnya, Nama bentengan sendiri ini diambil dari nama markas yang memang dikenal dengan sebutan benteng.

Bagaimana Cara Bermain Bentengan? Yuk Baca disini

Bentengan merupakan permainan yang memang harus dimainkan secara berkelompok. Dalam hal ini masing-masing kelompok memiliki anggota kurang lebih 4-8 orang saja. 

Selanjutnya Anda bisa menentukan tempat untuk memainkan permainan tersebut. Sangat disarankan untuk Anda memilih tempat yang luas karena pemain harus banyak berlari pada saat memainkan bentengan.

Anda bisa menentukan tempat yang dijadikan sebagai markas untuk dua kelompok, benteng atau markas antar kelompok pastinya harus saling berhadapan yang berfungsi untuk mempermudah jalannya permainan. Setelah pemain dan bentengnya sudah siap, maka berikut ini aturan permainannya;

  • Untuk masing-masing dari kelompok memilih tiang atau pilar yang dijadikan sebagai benteng. Pada sekitar area benteng tersedia area aman (safe zone) yang dapat Anda gunakan sebagai anggota pemilik benteng untuk menunggu tanpa perlu Anda khawatir tersentuh musuh.
  • Dalam hal ini pemain harus berusaha untuk menyentuh anggota kelompok lawan, ini supaya mereka dapat dijadikan sebagai tawanan yang pada nantinya ditempatkan pada area yang aman. Biadanya orang yang sudah dipenjara juga dapat bebas dengan cara yaitu salah satu teman yang ada di grupnya menyentuh tubuh orang yang yang ada dipenjara. Penjaranya yaitu ada dan terletak di sekitar benteng.
  • Dalam hal ini pemain harus sering Kembali menyentuh bentengnya, karena panawan dan yang tertawan ini akan ditentukan dari waktu terakhir dalam menyentuh benteng.
  • Dalam hal ini pemain yang paling dekat waktunya dalam menyentuh benteng yaitu berhak untuk menjadi penawan dalam menyentuh anggota lawan yang akan dijadikan sebagai tawanan.
  • Pemenang yaitu merupakan kelompok yang bisa menyentuh tiang atau pilar lawan sambil meneriakkan kata “benteng”.

Dalam bermain bentengan tentunya ada strateginya tersendiri, seperti apa?

Strategi Bermain Bentengan
Memang terlihat tampak mudah, akan tetapi permainan bentengan tersebut juga harus memakai strategi yang bisa membuat Anda berhasil. Dalam hal ini terdapat strategi yang sangat dianjurkan yaitu di mana untuk setiap anggota kelompok memperoleh tugas menjadi:
  • Mata-mata dalam mengawasi lawan yang sudah lama tidak menyentuh benteng
  • Pengganggu yang memiliki tugas untuk memancing lawan supaya keluar dari area aman
  • Penjaga yang memiliki tugas untuk menjaga bentengnya sendiri supaya tidak disentuh oleh pihak lawan
  • Pihak penyerang yang harus berusaha untuk mencari celah supaya bisa segera menyentuh benteng lawan
  • Kalau setiap anggota kelompok bisa memahami tugasnya dengan baik, maka tentu saja permainan bentengan tersebut juga bisa dengan mudah dimainkan dan kelompok Anda dalam hal ini akan keluar sebagai pemenangnya.
Nah itulah cara bermain permainan bentengan, pastinya anak-anak sekarangpun masih suka dengan permainan tersebut.